Fiber Optic Internet - Telecommunication | Digital | Internet Speed Test

Fiber Optic Internet

Jika anda selalu menggunakan internet, apakah internet nya itu melalui jaringan selular operator, Internet rumah, internet kantor berharap kecepatan tinggi yang di dapat. Sehingga saat akses tidak mengalami loading akses terlalu lama.

Jika anda menggunakan Fiber Optic Internet, beruntunglah anda. Karena Fiber Optic Internet membawa pengalaman pengguna nya akan luar biasa. Content yang bisa diakses pun akan memiliki kualitas visual yang bagus,misal video bisa Full HD, 4K atau 8K.

Fiber Optic Internet


FIBER OPTIC CABLE SUBMARINE: POSISI INDONESIA SECARA GLOBAL

Bagaimana Indonesia terhubung ke Internet global? Kita bisa cek sekilas dengan melihat jaringan telekomunikasi terutama Fiber Optic Cable yang singgah di tanah air kita.

Dengan melihat peta Fiber Optic Cable bawah laut berikut ini, kita bisa melihat secara garis besar terhubung secara international melalui Singapura, Australia dan Amerika.

Fiber Optic Internet


Sumber: Submarine Cable Map

Fiber Optic Cable Submarine yang melintang dari Singapore - Australia ada drop di Indonesia diantaranya adalah Fiber Optic Cable Submarine:
  • Indigo - West (Mei 2019)
  • Australia Singapore Cable (ASC, September 2018)
  • SeaMeWe-3 (September 1999)
Sedangkan Fiber Optic Cable Submarine yang datang dari arah Amerika akan melewati Selat Makasar kemudian direncanakan turun di Jawa / Jakarta (landing point belum dipastikan), direncanakan akan aktif di tahun 2024, ini proyek konsorsium, yang didalamnya ada Facebook dan Telin (Telkom International). Fiber Optic Cable Submarine ini akan dinamakan : Bifrost Cable System

Fiber Optic Internet

Pic. Bifrost Submarine Cable System

Fiber Optic Cable Submarine yang terdekat target penyelesaiannya di tahun 2023 adalah Echo Cable System, section yang dikerjakan Indonesia-Singapore merupakan konsorsium Google, XL Axiata dan Keppel Group Singapore.

Fiber Optic Internet

 Pic. Echo Submarine Cable System

Di awal November 2021 ini, Moratel (moratelindo.co.id) resmi menjadi partner landing point untuk project submarine: Hawaiki Nui Submarine Cable System. Ditargetkan beroperasi di tahun 2025. Project Kabel Laut ini menjadi alternatif kabel yang tersambung langsung ke Amerika via LA California. Setelah dua project yang sedang dibangun juga oleh konsorsium dimana di dua konsorsium ini ada XL dan Telekomunikasi International (Telin) sebagai partner landing point di wilayah Indonesia nya.

Fiber Optic Internet


Pic. Hawaiki Nui Submarine Cable System

Provider Jaringan asal Indonesia yang telah menggelar jaringan Fiber Optic Cable Submarine sendiri ke Singapore, diantaranya Telkom (IGG), Indosat (Jakabare), XL, Moratel (B3JS), Nap Info (Matrix), Triasmitra hingga PGASCom.

Informasi tentang kabel laut yang sudah dan akan melewati Indonesia bisa juga di cek di youtube berikut ini:




FIBER OPTIC INTERNET: INDONESIA

Di atas kita sudah dapat gambaran bagaimana Internet Indonesia terhubung dengan jaringan internet global, lalu bagaimana dengan infrastruktur Fiber Optic Internet Indonesia di dalam negeri nya?

Begitu rumah atau kantor kita ada tarikan Fiber Optic Internet, otomatis akses internet kita Full Fiber Optic ke manapun secara global. Sedangkan mengakses internet melalui selular, sampai ke handphone kita masih menggunakan frekuensi radio/sinyal. Meskipun sampai tower selular nya saat ini, sudah banyak yang menggunakan Fiber Optic Cable.

Internet Service Provider (ISP) Indonesia yang sudah menggelar jaringan Fiber Optic sampai ke rumah atau kantor , Fiber-To-The-Home, diantaranya adalah:

NoCorporate NameBrandWebsite
1PT Telkom Indonesia TbkIndiHomehttps://indihome.co.id/
2PT Cyberindo AdhyatamaCBNhttps://cbn.id/
3PT Link Net TbkFirsMediahttps://www.firstmedia.com/
4PT Supra Primatama NusantaraBiznethttps://www.biznethome.net/
5PT Eka Mas RepublikMyRephttps://myrepublic.co.id/
6PT Oxygen Multimedia IndonesiaOxygenhttps://www.oxygen.id/
7PT Pop Network IndonesiaPOPNethttps://popnet.co.id/
8PT XL Axiata TbkXLHomehttps://xlhome.co.id/
9PT Indosat Mega Media (IM2)GIGhttps://hifi.ioh.co.id/
10PT MNC Kabel MediakomMNCPlayhttps://www.mncplay.id/
11PT Trans CorporaTransvisionhttps://www.transvision.co.id/hispeed.html
12PT Hawk Teknologi SolusiHTShttps://broadband.htsnet.id/
13PT Bali Towerindo Sentra TbkBaliFiberhttps://balifiber.id
14PT Indonesia Comnet PlusStroomNethttps://iconnet.id/

Ada ratusan ISP lainnya di Indonesia yang belum masuk di daftar di atas sudah juga mampu menggelar layanan Fiber Optic Internet, silahkan Googling saja untuk ketersediaan jaringan Fiber Optic Internet di masing-masing area rumah atau kantor nya.

KESIMPULAN

Saat ini Fiber Optic Internet yang digelar di Indonesia,sudah lebih dari 40 juta Home-Passed yang digelar oleh para ISP Indonesia, semoga rakyat Indonesia mampu memanfaatkan nya untuk meningkatkan pendidikan dan perekonomian rakyat secara keseluruhan.

Begitu Fiber Optic Cable sudah masuk ke rumah atau kantor, kita telah mendapatkan akses global internet yang mumpuni.

Jika ingin berlangganan,silahkan hubungi penyelenggara ISP yang kabel nya sudah melewati rumah atau kantor kita.

Terima kasih & salam.